Bagi umat Islam belajar huruf hijaiyah adalah salah satu ilmu yang harus dikuasai, karena kitab suci umat Islam menggunakan tulisan arab. Agar bisa membaca Al Qur’an dengan benar, harus mengenal huruf hijaiyah beserta makhraj dan tanda bacanya sesuai dengan ilmu tajwid yang benar.

Huruf-huruf Arab ditulis dalam empat bentuk sesuai tempatnya, ada yang di awal, tengah, akhir, atau berdiri sendiri. Meskipun tampilan hurufnya bervariasi, beberapa huruf ada yang berbentuk tetap meskipun berbeda tempat.

gambar huruf hijaiyah
© Diary Sang Guru
Anda bisa mendownload huruf hijaiyah pada akhir artikel ini. Potong dan tempelkan untuk hiasan dinding sekolah atau kamar agar anak-anak lebih cepat hafal karena sering melihatnya.

Jumlah huruf hijaiyah

Jumlah huruf hijaiyah ada 28 huruf, huruf hamzah (ء) tidak masuk ke dalam hitungan. Karena pada dasarnya, huruf hamzah tidak bisa berdiri sendiri. Saat dalam sebuah rangkaian kata yang ada huruf hamzahnya, pasti dibarengi dengan alif, waw, atau ya ( ئ , أ , ؤ ).

Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya

Cara membaca dan menulis huruf hijaiyah dimulai dari kanan ke kiri. Disamping itu, ada huruf arab yang bersambung dan yang tidak bisa disambung. Berikut huruf hijaiyah dan cara bacanya yang bisa Anda pelajari:

ا : Alif

ب : Ba

ت : Ta

ث : Tsa

ج : Jim

ح : Kha

خ : Kho

د : Dal

ذ : Dzal

ر : Ro

ز : Za

س : Sin

ش : Syein

ص : Shod

ض : Dhod

ط : Tha

ظ : Dho

ع : ‘Ain

غ : Ghein

ف : Fa

ق : Qof

ك : Kaf

ل : Lam

م : Mim

ن : Nun

و : Waw

هى : Ha

لا : Lam alif

ء : Hamzah

ي : Ya

Hafalkan semua huruf hijaiyah diatas agar bisa membaca Al Qur’an. Dengan membaca Al Qur’an kita akan mendapat pahala dengan mudah. Satu huruf saja yang dibaca akan mendapat 10 kebaikan, apalagi kalau kita membaca satu lembar. Terlebih jika kita mampu menghatamkan setiap satu bulan sekali.

Ada banyak keutamaan bagi orang yang terbiasa membaca Al Qur’an. Apalagi jika mampu menghafalkannya. Karena Al Qur’an adalah kalam ilahi, maka Allah sendiri yang akan menjaga orang-orang yang dekat dengan Al Qur’an.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya, dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati”.

Imam an-Nawawi berkata: “Dalam hadits ini terdapat anjuran agar kita banyak berzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala (termasuk membaca Al Qur’an dan zikir-zikir lainnya di dalam rumah dan hendaknya rumah tidak kosong dari dzikir kepadaNya)”.

Hadits yang mulia tersebut menunjukkan bahwa rumah yang selalu diramaikan dengan bacaan Al Qur’an dan zikir akan senantiasa bercahaya, dan akan menyebabkan penghuninya semakin taat beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Oleh karena itu, Allah ‘Azza wa Jalla menjelaskan fungsi diturunkannya al-Qur-an kepada manusia, yaitu sebagai pemberi kehidupan bagi hati manusia dan sumber cahaya yang menerangi hidupnya.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah

Ada beberapa tanda baca yang harus difahami dalam melafalkan huruf arab, tanda baca inilah yang disebut dengan harakat. Harakat menentukan apakah dibaca a i atau u, yang dalam bahasa Indonesia disebut huruf vokal. Berikut tanda baca huruf hijaiyah yang harus difahami:

  1. Fathah ( -َ ) dibaca ‘a’, misal huruf nun difathah (نَ) dibaca ‘na’.
  2. Kasroh ( -ِ ) dibaca ‘i’, misal huruf fa dikasroh (فِ) dibaca ‘fi’.
  3. Dhommah ( -ُ ) dibaca ‘u’, misal huruf lam didhommah ( لُ ) dibaca ‘lu’.
  4. Sukun ( -ْ ) menunjukkan huruf mati, misal ada lam didhommah ( لُ ) bertemu mim disukun (مْ) dibaca ‘lum’.
  5. Tasydid (-ُّ -ِّ -َّ) menunjukkan huruf dobelو mati dan hidup, tasydid biasanya berpasangan dengan harakat lainnya seperti fathah, kasrah atau dhammah. Misal ( َّمَن ) dibaca ‘manna’.
  6. Tanwin, ada tiga jenis: fathah tanwin, kasrah tanwin dan dhammah tanwin ( -ٌ -ٍ -ً ), cara membacanya diakhiri dengan huruf ‘n’, contoh ( بً بٍ بٌ ) ‘ban bin bun’.

Belajar huruf hijaiyah dengan metode kreatif

Ada banyak metode yang bisa Anda pilih dalam belajar membaca Al Qur’an. Tapi salah satu metode tercepat dan kreatif dalam menghafal huruf hijaiyah adalah dengan menyusun dan merangkai huruf sesuai dengan kosakata Bahasa Indonesia.

belajar huruf hijaiyah
© Diary Sang Guru

Metode ini sangat mudah dipahami, sangat cocok untuk usia anak diatas 10 tahun hingga dewasa karena belajarnya menggunakan logika. Metode belajar huruf hijaiyah dengan mudah ini dinamakan Metode Tsaqifa, yang dikembangkan oleh KPQN.

Susunan huruf hijaiyah dirangkai sedemikian rupa hingga menyerupai kosakata Bahasa Indonesia, seperti NA MA SA YA MA LA RO SA. Anda akan mudah memahaminya karena sama seperti membaca Bahasa Indonesia.

Cara mengetik huruf hijaiyah di windows 10

Ada cara mudah dalam mengetik huruf hijaiyah tanpa harus hafal susunan keyboard arabic. Berikut cara mengetik huruf arab pada windows 10 dengan mudah:

  1. Klik tombol start pada windows, ketikkan language setting lalu enter, tambahkan bahasa arab pada setelan language atau bahasa.
  2. Dipojok kanan bawah sekarang ada pilihan ENG, IND dan Arabic.
  3. Ubah bahasa ke Arabic pada pojok kanan bawah untuk mengetik huruf Arab.
  4. Jika tidak hafal susunan keyboard, silahkan klis start dan ketikkan keyboard on screen atau keyboard layar. Nanti muncul keyboard di layar.
  5. Silahkan ubah jadi keyboard arabic dengan mengklik icon pengaturan bahasa di pojok kanan bawah windows.
  6. Keyboard akan berubah jadi arabic, Anda tinggal mengarahkan mouse ke huruf untuk mengetik.

Gambar huruf hijaiyah

Silahkan download gambar huruf hijaiyah untuk hiasan dinding kelas atau kamar anak pada tombol di bagian bawah artikel ini. Klik tombol ‘download resource’ di bagian bawah, Anda bisa mewarnainya terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai hiasan dinding atau bisa juga langsung ditempel.

Huruf hijaiyah ini juga bisa dikombinasikan dengan template hiasan dinding yang kami sediakan. Silahkan pilih template hiasan dinding yang bisa diprint, kemudian kombinasikan dengan tempelan huruf hijaiyah agar lebih kreatif.