Dunia anak adalah dunia permainan, untuk menarik minat belajar anak di sekolah, kelas harus dihias dengan kreatif. Hiasan kelas TK dan PAUD tidak sama dengan hiasan dinding kelas SD. Suasana ruang kelas harus disesuaikan dengan usia anak TK dan PAUD.

Seringkali siswa tidak suka pergi ke sekolah karena mereka menganggap belajar itu sangat membosankan. Satu-satunya cara untuk melawan paradigma ini adalah dengan memastikan bahwa para guru harus membuat pembelajaran menjadi menarik. Untik melakukannya, bisa dengan cara membuat hiasan kelas agar suasana terlihat hidup dan ceria.

Anak-anak biasanya suka kartun, tanaman dan hewan peliharaan. Kita bisa membuat kelas menjadi hidup dengan menempelkan hiasan dinding yang disukai anak-anak. Dalam beberapa kasus, kelas yang kreatif juga dapat menambah minat siswa dalam menghabiskan lebih banyak waktu di kelas.

Contoh Hiasan Kelas TK & PAUD

contoh hiasan kelas tk paud

Agar kelas terlihat ceria dan bagus, tempeli dinding dengan hiasan yang kreatif supaya kelas terlihat menarik. Orangtua yang melihatpun akan semakin yakin bahwa mereka tidak salah memasukkan anak-anaknya ke sekolahan tersebut.

Kelas aja dirawat dan dihias sedemikian rupa, apalagi anak-anaknya. Semakin bagus hiasan di kelas, akan semakin menarik orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolahan tersebut.

Hiasan dinding kelas PAUD kreatif

Berikut Bang Mimin share beberapa contoh gambar hiasan kelas paud dan tk yang bagus dan kreatif. Cukup mudah untuk dibuat karena bahannya dari kertas dan beberapa barang bekas seperti botol plastik, gelas plastik, koran ataupun majalah.

Beberapa contoh gambar hiasan kelas sederhana tapi mewah ini juga bisa diterapkan untuk hiasan dinding kelas sekolah TK Islam.

1. Membuat hiasan kelas model gantung

hiasan kelas model gantung
© Englishtaobao.net

Bahannya bisa menggunakan kertas atau kain flanel. Tinggal gambar di kertas menggunakan pensil, lalu potong-potong kertas, kemudian tempel menggunakan lem dan gantungkan di atas kelas.

2. Hiasan kelas dari barang bekas

hiasan kelas dari barang bekas
© Edihitt.com.br

Banyak inspirasi menghias kelas menggunakan barang bekas, salah satunya adalah memanfaatkan gelas plastik yang dihias menjadi hewan-hewan lucu yang disukai anak-anak.

3. Merangsang minat baca

hiasan dinding kelas tk paud kreatif dari kertas origami
© Krokotak.com

Gambar hiasan kelas yang satu ini sangat menarik dan kreatif karena bisa merangsang anak-anak untuk suka terhadap buku. Bahannya pun mudah, cuman kertas dibentuk seperti orang membaca buku. Hiasan dinding kelas orang membaca ini juga bisa dibuat menggunakan kertas origami.

4. Menyayangi binatang

contoh hiasan dinding kelas tk paud dari kertas mudah
© YendoPrint / Etsy

Cari saja gambar-gambar kartun binatang di google, kemudian print di kertas dan potong. Tempelkan di dinding sambil naik kereta. Ini akan menambah efek anak suka terhadap binatang.

5. Lingkaran warna-warni

hiasan kelas tk paud mudah dibuat
© primedecals.com

Lingkaran warna warni pun bisa dijadikan hiasan dinding kelas, cukup simpel dan sederhana. Tapi bisa menambah keceriaan kelas TK.

Hiasan dinding kelas angka

Mengenal angka adalah salah satu skil yang harus dikuasai anak-anak. Untuk itu anak-anak harus dikenalkan dengan angka-angka dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menempel hiasan dinding berupa angka. Tapi tidak hanya angka saja, harus dihias yang kreatif agar anak-anak senang melihatnya.

1. Hiasan dinding angka dan balon

hiasan dinding kelas angka dan balon
© Rover.ebay.com

Buat sebuah lingkaran dan kotak kecil di bawah lingkaran, lalu tarik garis tipis-tipis, jadilah balon udara yang cantik. Warnai balon udara tersebut, kemudian bagian tengah ditempeli angka.

2. Hiasan dinding kelas tk kreatif

tempelan dinding tk paud ulat
© Robert Payne / Pinterest

Kalau kita ketemu ulat di jalanan pasti geli, tapi kalau ulat yang satu ini cantik banget. Bisa menambah efek ketampanan kelas. Anak-anak juga pasti menyukainya karena lucu dan warna-warni.

3. Hiasan dinding kelas menarik dan mudah

hiasan dinding kelas menarik dan mudah
© Alummoon.com

Angka juga bisa naik kereta, tapi cuman di kelas saja. Tinggal bikin kotak-kotak untuk sambungan kereta, dan beberapa lingkaran untuk rodanya. Jadilah hiasan dinding kelas yang menarik. Kereta ini mbikinnya sangat mudah, bahannya juga cuman dari kertas.

Hiasan dinding kelas paud huruf

Mengenal alfabet juga merupakan salah satu skil yang harus dikuasai anak. Kita bisa menempelkan gambar hiasan dinding berupa huruf alfabet. Berikut contoh gambar hiasan dinding alfabet yang kreatif dan menarik dari kertas.

1. Kereta huruf alfabet

Hiasan dinding kelas paud kereta huruf
© comofazeremcasa.net / petilola.com.br

Tempelkan hiasan dinding kereta alfabet di tempat yang sering dilihat anak-anak. Misalnya di atas pintu atau papan tulis, sehingga anak-anak akan cepat hafal simbol-simbol huruf alfabet tanpa harus menghafalkannya.

2. Alfabet berbentuk ulat

hiasan kelas tk paud alfabet berbentuk ulat
© elo7.com.br

Hampir mirip dengan kereta, hanya saja yang ini bentuknya ulat. tinggal pilih sesuai selera, tanyakan kepada anak-anak lebih suka ulat atau kereta. Atau bisa juga mensingkronkan dengan hiasan dinding angka. Kalau yang angka sudah menggunakan ulat, yang alfabet ganti dengan kereta, begitupun dengan sebaliknya.

Hiasan dinding kelas Islami

Hiasan dinding kelas sekolah islam juga harus ada yang mencerminkan keislamannya. Misalnya dengan cara membuat hiasan kelas islami berupa huruf hijaiyah, atau nama-nama Nabi dan Rasul. Berikut Bang Mimin share contoh gambar hiasan dinding kelas untuk sekolah Islam.

1. Huruf hijaiyah ulat

hiasan dinding kelas islami
© Derya Haslak Baloglu / Pinterest

Buat beberapa lingkaran sebanyak jumlah huruf hijaiyah lalu potong-potong, kemudian Download gambar huruf hijaiyah lalu print. Tempelkan huruf hijaiyah di lingkaran-lingkaran warna warni yang telah dibuat. Bikin kaki-kaki dan kepala ulat, lalu tempelkan memutari dinding tembok kelas.

2. Huruf hijaiyah tasbih

hiasan dinding kelas huruf hijaiyah tasbih
© Şeyma Aydın / Pinterest

Cara membuat hiasan kelas huruf hijaiyah yang ini hampir mirip seperti cara membuat hiasan dinding kelas huruf hijaiyah ulat. Hanya saja susunan lingkarannya dibentuk menjadi tasbih.

3. Pohon huruf hijaiyah dari kain flanel

hiasan dinding pohon huruf hijaiyah dari kain flanel
© Kübra Kutun / Pinterest

Hiasan dinding kelas menggunakan kain flanel juga bisa mempercantik ruangan. Salah satunya adalah dengan membuat pohon huruf hijaiyah.

4. Pohon huruf hijaiyah dari kertas

hiasan kelas bentuk pohon huruf hijaiyah dari kertas
© littlewingsgallery.com

Hiasan kelas pohon huruf hijaiyah juga bisa dibuat dari kertas, bahannya lebih murah dan mudah. Tinggal kertasnya disambung-sambung saja supaya bisa jadi pohon yang tinggi.

5. Huruf hijaiayah ikan

hiasan dinding kelas ikan
© Diary Sang Guru

Tempelkan ikan-ikan bertuliskan huruf hijaiyah sebagai hiasan dinding kelas. Ada template hiasan kelas gratis dari Diary Sang Guru, kemudian potong dan tempelkan di dinding kelas.

6. Pohon literasi nama-nama Nabi dan Rasul

Pohon literasi nama-nama Nabi dan Rasul
© Derya Haslak Baloglu / Pinterest

Mengenalkan nama-nama Nabi dan Rasul kepada anak-anak agak susah, karena ada banyak nama yang harus dihafal. Tapi kalau ditempelkan di dinding, anak-anak akan cepat hafal dengan sendirinya.

Demikian hiasan kelas tk dan paud yang kreatif dan menarik. Silahkan berekspresi menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat. Bisa menggunakan kertas warna, kertas origami atau juga bisa menggunakan barang-barang bekas seperti botol dan gelas plastik.

Lihat juga hiasan dinding kelas SD yang kreatif dan menarik sesuai dengan tema-tema pelajaran di kelas.

Coba posting hiasan kelas Anda di komentar, supaya yang lain bisa terinspirasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share, like dan komen ya, biar Bang Mimin makin semangat mbikin artikel-artikel yang bermanfaat.