Salah satu faktor yang membuat anak-anak nyaman saat belajar adalah hiasan dinding kelas yang menarik dan kreatif. Mereka belajar, berinteraksi, bermain, dan berkreasi bersama teman-teman sekolah di kelas setiap hari.

Anak-anak SD sudah mulai bisa diajak untuk belajar dan berkarya memperindah kelas. Oleh karena itu, diperlukan lingkungan yang bisa mendukung produktivitas mereka. Membuat hiasan dinding kelas adalah salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang ramah dengan anak.

Guru yang kreatif pasti akan disukai murid-muridnya. Yang paling penting dalam menghias kelas adalah anak-anak juga ikut terlibat di dalamnya. Dengan membuat hiasan dinding kelas yang menarik, murid-murid SD akan merasa jadi bagian dari ruangan tersebut dan makin semangat untuk belajar.

Hiasan Dinding Kelas SD

hiasan dinding kelas

Kali ini kami akan berbagi inspirasi tentang ide-ide dekorasi kelas yang sangat kreatif. Hiasan ini cocok untuk menghias dinding Sekolah SD kelas 1 2 3 4 5 atau 6. Baca juga artikel Bang Mimin tentang dan hiasan kelas sekolah TK dan PAUD.

Para guru bisa mengajak murid-murid SD untuk mencoba membuat sendiri hiasan kelas yang kreatif dan menarik berikut ini. Bahanya bisa dari kerta warna atau kertas origami, bisa juga menggunakan barang-barang bekas.

Barangkali hiasan kelas ini akan menjadi dekorasi kelas terindah yang pernah Anda buat dan paling berkesan di hati para murid. Hiasan kelas SD ini mudah dibuat, tidak perlu keterampilan khusus.

Jika Anda guru TK atau PAUD, silahkan lihat hiasan dinding kelas paud dan tk yang sangat kreatif dan menarik.

Hiasan kelas matematika

Anak-anak biasanya paling benci sama pelajaran matematika karena susah. Tapi kalau dibuat pembelajaran matematika yang kreatif pasti menyenangkan. Berikut hiasan kelas sederhana tapi mewah yang bisa Anda buat bersama murid-murid di sekolahan.

1. Hiasan kelas perkalian

Hiasan dinding kelas perkalian
© Mehlika Tepebaşı / Pinterest

Perkalian mulai diajarkan dikelas 2 dan semakin mendalam di kelas 3. Beberapa anak mungkin sulit untuk menghafal. Mungkin perlu bahan pembelajaran perkalian yang kreatif seperti menempel hiasan dinding dari kertas yang dituliskan perkalian.

2. Hiasan kelas pembagian

Hiasan dinding kelas pembagian
© Rover.ebay.com

Tidak jauh beda sama yang pertama, hanya saja yang ini dibuat meningkat seperti tangga. Sebagian besar nilai perkaliannya sama, jadi hanya ditulis yang berbeda saja. Contoh hiasan dinding diatas memang menggunakan perkalian, tapi bisa juga dibuat sendiri dengan menggunakan pembagian.

3. Perkalian di tangga

hiasan sekolah perkalian di tangga
© Etiquettesgriffe.com

Menempel tabel perkalian tidak harus di dinding kelas. Bisa juga di taruh tangga bagi yang sekolahannya ada beberapa lantai. Dengan seperti ini, setiap hari anak-anak bisa melihat dan melewati tabel perkalian tersebut dan akan hafal dengan sendirinya.

4. Hiasan kelas bilangan pecahan

hiasan kelas bilangan pecahan
© Teachbesideme.com

Sebagian anak susah untuk memahami bilangan pecahan saat pelajaran matematika. Tapi dengan cara membuat hiasan dinding kelas tema matematika yang menarik ini akan lebih meningkatkan kemampuan anak dalam memahami bilangan pecahan. Anak juga bisa dengan mudah membedakan mana yang lebih kecil dan mana yang lebih besar dari bilangan pecahan tersebut.

5. Menempel satuan jarak di anak tangga

hiasan kelas menempel satuan jarak di anak tangga
© Laia Caix / Pinterest

Hiasan kelas SD yang satu ini sangat kreatif dan menarik. Menempatkan satuan jarak di dinding samping tangga akan membuat anak cepat memahami materi kurikulum k13 matematika tentang naik turunnya satuan jarak.

6. Protaktor atau alat pengukur sudut

display pintu kelas
© Ayşe Bayram / Pinterest

Memahamkan anak tentang matematika busur derajat agak susah, tapi jika ada hiasan kelas yang kreatif seperti ini anak-anak SD kelas 5 dan 6 akan lebih senang belajar matematika.

Hiasan kelas SD kreatif

Anak-anak SD sudah mulai bisa diajak berfikir untuk merawat dan menghias kelas. Apalagi cara menghiasnya cukup menyenangkan, karena sesuai dengan pelajaran yang mereka pelajari seperti matematika dan ilmu pengetahuan alam. Berikut beberapa hiasan dinding kelas kreatif yang sederhana tapi mewah.

1. Menghias jam

hiasan kelas sederhana tapi mewah
© Wisewittyteacher.blogspot.com

Setiap kelas pasti ada jamnya, namun tidak semua anak faham dan bisa membaca jam. Jika dibuat gambar hiasan dinding yang menarik seperti diatas akan lebih memahamkan kepada anak-anak. Bagian bawah bisa dibuat untuk jadwal masuk, jadwal istirahat pertama, jadwal istirahat ke dua, dan jam pulang.

2. Hiasan atap kelas SD tata surya

hiasan kelas sd kelas 5
© mkskimgmodrykonik.vshcdn.net

Pelajaran sains biasanya paling disukai anak-anak SD, karena mereka bisa mengeksplorasi alam sekitar. Menempelkan hiasan tata surya di atap kelas akan membuat mereka paham posisi planet-planet yang ada di sistem tata surya.

3. Hiasan dinding kelas tata surya dari kertas

dekorasi kelas sekolah dasar
© Tenstickers.com

Membuat hiasan kelas tidak harus mahal, bisa juga menggunakan bahan dari barang-barang bekas seperti koran ataupun majalah. Sistem tata surya ini bisa dibuat dari bahan kertas origami yang warna warni. Tinggal dipotongi melingkar dan ditambah sedikit hiasan warna, jadilah sistem tata surya yang kreatif dan lucu.

4. Pohon literasi dan foto siswa

15 Hiasan Dinding Kelas SD yang Menarik dan Kreatif 1
© Etsy.com

Anak-anak SD kelas 4, 5, 6, biasanya suka mengoleksi foto teman-temannya. Daripada hanya disimpan di laci atau Hp, mending ditempel di dinding kelas untuk menambah keceriaan suasan belajar.

5. Pengukur tinggi badan

15 Hiasan Dinding Kelas SD yang Menarik dan Kreatif 2
© futuristarchitecture.com

Raport siswa kurikulum k13 biasanya ada keterangan tinggi badan anak. Sekolahan bisa membuat alat ukur yang kreatif agar anak-anak bisa latihan mengukur tinggi badan masing-masing.

6. Merangsang minat baca

hiasan dinding kelas kreatif dari kertas
© Krokotak.com

Gambar hiasan dinding kelas SD yang satu ini sangat menarik dan kreatif karena bisa merangsang anak-anak untuk suka terhadap buku. Bahannya pun mudah, cuman kertas dibentuk seperti orang membaca buku. Hiasan kelas berupa orang membaca ini juga bisa dibuat menggunakan kertas origami.

Hiasan kelas SD Islami

Hiasan kelas sekolah islam juga harus ada yang mencerminkan keislamannya. Misalnya dengan cara membuat hiasan dinding kelas islami berupa huruf hijaiyah, atau nama-nama Nabi dan Rasul. Berikut Bang Mimin share contoh gambar hiasan dinding kelas untuk sekolah SD Islam.

1. Huruf hijaiyah ulat

hiasan dinding kelas islami huruf hijaiyah
© Derya Haslak Baloglu / Pinterest

Buat beberapa lingkaran sebanyak jumlah huruf hijaiyah lalu potong-potong, kemudian Download gambar huruf hijaiyah lalu print. Tempelkan huruf hijaiyah di lingkaran-lingkaran warna warni yang telah dibuat. Bikin kaki-kaki dan kepala ulat, lalu tempelkan memutari dinding tembok kelas.

2. Huruf hijaiayah berbentuk ikan

hiasan dinding kelas mudah
© Diary Sang Guru

Tempelkan ikan-ikan bertuliskan huruf hijaiyah sebagai hiasan kelas SD. Download teplate hiasan kelas huruf hijaiyah gratis dari Diary Sang Guru, kemudian potong dan tempelkan di dinding kelas.

3. Hiasan dinding kelas nama-nama Nabi dan Rasul

hiasan dinding sekolah islam
© Derya Haslak Baloglu / Pinterest

Dengan menempelkan nama-nama Nabi dan Rasul di dinding, anak-anak akan cepat hafal dengan sendirinya. Apalagi jika hiasan dindingnya dibuat yang kreatif, tanpa disuruh menghafalkan, anak-anak akan hafal dengan sendirinya karena sering melihat.

Demikian hiasan kelas SD yang kreatif dan menarik, sesuai dengan tema pelajaran k13. Silahkan berekspresi menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat. Bisa menggunakan kertas warna, kertas origami atau juga bisa menggunakan barang-barang bekas seperti botol dan gelas plastik.

Lihat juga hiasan kelas TK dan PAUD yang kreatif dan menarik untuk menambah suasana kemeriahan di dalam kelas.

Coba posting hiasan dinding kelas Anda di komentar, supaya yang lain bisa terinspirasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share, like dan komen ya, biar Bang Mimin makin semangat mbikin artikel-artikel yang bermanfaat lainnya.