Sebuah ruangan akan terasa hambar kalau dindingnya polos. Kali ini Diary Sang Guru akan memberikan sebuah cara membuat hiasan dinding untuk kelas maupun rumah yang kreatif dan menarik. Cara ini cukup simpel, bahan utamanya hanya kertas.

Tidak mahal, semua guru di sekolahan maupun orang tua di rumah bisa membuatnya dengan mudah. Hiasan dinding yang menarik ini berupa gambar ikan dari kertas yang bagian tengahnya ada lingkaran kosong. Nah lingkaran kosong ini bisa diberi tulisan apa saja.

hiasan dinding kelas
© Diary Sang Guru

Misalnya saja diberi tulisan huruf hijaiyah, angka, atau alfabetpun bisa. Tapi kali ini Diary Sang Guru mau memberikan tutorial yang bagian tengahnya diisi dengan huruf hijaiyah. Hiasan dinding ini cocok untuk kelas di TK maupun SD Islam.

Bahan Untuk Membuat Hiasan Dinding

Ok langsung saja, siapkan bahan-bahan untuk membuat hiasan dinding sendiri seperti berikut:

  • Template hiasan dinding ikan
  • Huruf hijaiyah
  • Kertas HVS / A4
  • Kardus / kertas karton / kertas warna
  • Lem / solasi bolak balik
  • printer

Cara membuat hiasan dinding sendiri

  1. Baca bismillah sebulum mulai biar berkah.
  2. Download template ikan warna-warni di bagian akhir artikel ini.
  3. Download huruf hijaiyah yang sudah kami sediakan. Atau bisa juga menggunakan angka arab.
  4. Olah gambar-gambar ikan dan huruf hijaiyah tersebut menggunakan microsoft word. Atur ukuran besarnya sesuai keinginan.
  5. Print gambar yang sudah jadi atau sudah siap.
  6. Atau kalau tidak mau repot, tinggal print aja yang versi pdf. Potong pola, potong huruf hijaiyahnya dan tempelkan di tengah lingkaran.
  7. Potong gambar pola ikan yang sudah diprint, kemudian tempelkan di kertas yang lebih tebal menggunakan lem atau solasi bolak balik.
  8. Potong kertas mengikuti pola ikan, kalau sudah jadi tinggal disusun dan ditempelkan di dinding kelas.

Bahan untuk diprint bisa menggunakan kertas HVS / A4, ini hanya untuk membuat pola. Kemudian bahan tatakan agar kertasnya lebih tebal bisa menggunakan kardus, kertas asturo, kertas karton atau kertas yang lain.

Bisa juga ngeprint menggunakan kertas warna yang biasa digunakan untuk membuat origami. Tapi untuk huruf hijaiyahnya harus diprint di kertas putih agar warnanya tidak monoton.

Anda bisa ngeprint template ikannya saja, biarkan lingkaran tengahnya kosongan. Setelah jadi, tulis pake tangan bagian lingkaran tengah ikan sesuai yang Anda inginkan.

Ok sudah selesai, cantik kan? coba perlihatkan karya Anda kepada temen-temen. Upload hasil kreasimu di kolom komentar agar yang lain terinspirasi. Temukan inspirasi lainnya di media sosial Diary Sang Guru, ikuti kami di Facebook dan Pinterest.