Umumnya doa setelah sholat dhuha yang diamalkan berkaitan tentang kelapangan rezeki. Agar cepat dikabulkan oleh Allah, kita harus melaksanakan sholat dhuha seperti yang dicontohkan Rasulullah. Setelah itu kita harus tahu doa apa yang dibaca rasulullah setelah sholat dhuha yang benar?

Sholat dhuha adalah salat sunnah yang diamalkan oleh seorang muslim ketika matahari sudah terbit dan agak meninggi sekitar satu tombak hingga sebelum tergelincirnya matahari, atau sebelum masuk waktu dzuhur.

Dizikir dan Doa apa yang dipanjatkan setelah sholat dhuha?

doa setelah sholat dhuha

Doa yang dapat diamalkan setelah menunaikan salat duha ada beberapa riwayat. Namun sebelum membaca doa salat duha ini, kita harus berdzikir setelah sholat terlebih dahulu supaya doa kita dikabulkan oleh Allah. Silahkan baca urutan dzikir dan doa setelah sholat. Kemudian amalkan doa sholat dhuha berikut ini sebagai pamungkasnya.

Doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah

Pada dasarnya, tak ada doa dan dzikir khusus yang dibaca setelah salat duha. Namun, ada satu hadis dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha yang pernah menceritakan tentang zikir dan doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam setelah setelah salat duha.

Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengerjakan salat duha. Setelah salam, kemudian beliau mengucapkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

‘Allaahummaghfirlii wa tub ‘alaiyya, innaka antat tawwaabur rahiim’

Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacanya seratus kali. (H.R. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Syaikh al-Albani mengatakan dalam kitab Sahih al-Adab al-Mufrad bahwa hadis ini sahih.)

Doa setelah sholat dhuha dan artinya

Adapun doa shalat duha yang sudah sangat masyhur di kalangan umat Islam, khususnya Indonesia adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك

اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِكَ وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

Tulisan latin

Allahumma Innadh Dhuha-A Dhuha-Uka
Wal Bahaa-A Bahaa-Uka
Wal Jamaala Jamaaluka
Wal Quwwata Quwatuka
Wal Qudrata Qudratuka
Wal Ishmata Ishmatuka
Allahuma Inkaana Rizqi Fis Samma-I Fa Anzilhu
Wan Inkaana Fil Ardhi Fa-Akhrijhu
Wa Inkaana Mu’asiran Fayassirhu
Wa Inkaana Haraaman Fathahhirhu
Wa Inkaana Ba’idan Fa Qaribhu
Bihaqqiduhaa-Ika Wa Bahaaika
Wa Jamaalika Wa Quwwatika Wa Qudratika
Aatini Maa Ataita Min’Ibadikash Shalihin

Arti dan terjemahannya

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ini adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rizkiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila kotor maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Sayangnya doa tersebut bukan sebuah hadis Nabi, namun bukan berarti tidak boleh dibaca. Hanya saja doa tersebut tidak boleh disandarkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan yang jelas, orang yang sholat dhuha tanpa membaca do’a tersebut tetaplah sah.

Doa-doa pembuka pintu rezeki sesuai sunnah

Sholat dhuha erat kaitannya dengan rezeki. Jika yang Anda maksud dan yang Anda inginkan adalah doa-doa pembuka pintu rezeki untuk dipanjatkan setelah sholat dhuha, berikut tiga doa pembuka rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

1. Doa meminta rezeki yang halal

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma akfinii bikhalaalika ‘an haroomika, wa aghninii bifadhlika am-man siwaaka.

“Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezeki-Mu yang halal saja, sehingga tidak memerlukan yang haram. Dan berilah aku kekayaan dengan karunia-Mu, sehingga saya tidak bergantung kepada selain-Mu.” (Hadits Hasan Shahih Riwayat Imam Tirmidzi)

2. Doa memohon harta yang banyak dan berkah

اللّهُمَّ اَكْثِرْ مَالِي وَ وَلَدِي، وَوَسِعْ لِيْ فِى دَارِيْ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي، وَأحْسِنْ عَمَلِي، وَاغْفِرْ لِي

‘Allahumma aktsir maalii wa waladi, wa wasi’lii fii daarii, wa baariklii fiimaa a’thoitanii, wa akhsin ‘amalii, waghfirlii.’

“Ya Allah, perbanyaklah hartaku dan anak-anakku, luaskanlah rumahku, berkahilah setiap apa yang Engkau berikan kepadaku, baguskanlah amalanku, dan ampunilah dosa-dosaku.”

Doa ini adalah doa Nabi Muhammad kepada Anas bin Malik, seorang sahabat yang tadinya miskin tumbuh menjadi kaya raya.

3. Doa agar rezeki lancar dan memohon ilmu yang bermanfaat

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

‘Allahumma innii as’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan tayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.’

“Ya Allah aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan aku memohon kepada-Mu rezeki yang halal, dan Aku memohon kepada-Mu amalan yang diterima.” ( Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah )

Itulah beberapa dzikir dan doa setelah sholat dhuha, jangan lupa bacanya harus urut seperti doa setelah sholat fardhu sesuai sunnah nabi agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah.