Simak ulasan lengkap tentang √ doa selamat dari bahaya apapun, √ doa tolak balak √ doa agar terhindar dari virus corona dalam bacaan arab, latin dan artinya pada artikel berikut ini.

Seluruh media di Indonesia telah mengabarkan bahwa Virus Corona sudah sampai ke Indonesia. Virus ini memang sangat mengerikan, sehingga membuat banyak manusia ketakutan. Di berbagai belahan bumi manapun semua panik, sebab virus ini bukan hanya sekedar menyebar namun juga menyebabkan kematian.

Tapi perlu diingat bahwa kematian itu sudah tertulis dalam ketetapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kematian adalah sebuah kepastian. Tinggal bagaimana kita meraih kematian itu, ini yang mesti kita khawatirkan. Sebab kita tidak tahu tau, husnul khatimah atau malah sebaliknya.

Ikhtiar itu penting namun bukan yang sifatnya fisik semata. Seringkali kita merasa lebih hebat dari Allah sehingga meyakini bahwa virus itu bisa dicegah dengan sekedar masker semata. Ini sebuah kekeliruan yang besar.

Doa Selamat Lengkap Agar Terhindar dari Bahaya

doa selamat

Virus ini tidak terlihat, susah dijangkau mata, bahkan alat secanggih apapun. Sesuatu yang tidak terlihat, maka serahkan kepada yang Maha Melihat.

Jadi tanamkan iman terlebih dahulu, kemudian ikhtiar dan tawakkal. Apa ikhtiarnya.. ? Jaga kebersihan, makan makanan yang thoyyib, dan yang jauh lebih penting dari itu semua adalah hafalkan bacaan doa selamat agar terhindar dari mara bahaya apapun.

1. Doa Keluar Rumah

Jangan lupa baca doa keluar rumah, sebab dengan itu Allah akan melindungi setiap sudut dan sekeliling tubuh kita dari berbagai macam hal yang dapat membahayakan dan menyerang diri kita. Baca doa setiap keluar rumah, agar selamat dalam perjalanan.

Doa keluar rumah arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Doa keluar rumah latin dan artinya

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi, laa hauwla wa laa quwwata illa billah.

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Bukan masker yang melindungi kita…. Lihat ribuan orang memakai masker di China, tetap saja mereka terkena virus tersebut, bahkan direktur RS di wuhan sampai meninggal karena virus tersebut.

Allah lah sang Maha Pelindung, tidak ada mara bahaya apapun yang akan menjangkiti kita, pun demikian dengan sebaliknya. dengan apa kita berlindung..? do’a dan tawakkal. Semua ini ada dalam genggaman Allah, maka bersandarlah hanya pada-Nya.

2. Doa Selamat dan Artinya

Bangun Iman, hindari kepanikan yang kurang bermanfaat, karena mukmin sejati tidak pernah panik dalam keadaan apapun. Sebab ia tau bahwa dirinya juga berada dalam kekuasaan-Nya.

Karena itu, ajarkan iman pada anak-anak dan keluarga kita, suruh senantiasa doa dan tawakkal. Berikut doa selamat agar terhindar dari bahaya apapun, termasuk virus corona:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Doa selamat latin dan artinya

Bismillaahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi walaa fissamaai wahuwas samii’ul ‘aliim.

“Dengan nama Allah, yang bersama nama-Nya tidak akan membahayakan sesuatu apapun yang ada di bumi dan di langit. Dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Dari utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba setiap pagi dan sore membaca: bismillahiladzi la yadhurru…, kecuali bahwa tidak ada sesuatu yang membahayakannya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi. Tirmidzi berkata, “Hadits hasan shahih.”)

3. Doa Agar Terhindar dari Bahaya Apapun

Pandangan manusia sangat terbatas, serahkan hal-hal yang tidak terlihat sepenuhnya kepada sang Maha Melihat. Jangan lupa baca doa berikut setiap pagi dan sore atau petang agar terhindar dari semua mara bahaya.

Bacaan doa selamat dan artinya

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bikalimaatillaahit taammati min syarri maa kholaq.

Aku berlindung dengan Kalimatullah yang sempurna, dari mara bahaya setiap makhluk yang Dia ciptakan.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa menjelang sore membaca: a’udzu bikalimatillahi… sebanyak tiga kali, maka tidak akan membahayakan baginya racun yang ada pada malam itu.” (HR. Inbu Hibban dalam kitab shahihnya).

4. Doa Untuk Anak Agar Selamat dari Petaka

Rasulullah pernah mendoakan kedua cucu beliau, Hasan dan Husain agar senantiasa selamat dan terhindar dari malapetaka apapun. Berikut redaksi aslinya sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Uiidzukuma bikalimatillaahit taammati min kulli syaithooniin wa haammatin wa minkulli ‘ainin laammatin.

“Aku memohonkan perlindungan untuk kalian berdua dengan kalimatullah yang sempurna dari godaan setan dan dari setiap binatang yang mematikan, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan oleh mata jahat.”

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, ia bercerita bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendoakan perlindungan Hasan dan Husein. Rasul bersabda, ‘Sungguh, bapak kalian Ibrahim melindungi Ismail dan Ishak dengan dengan kalimat ini, ‘U‘īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti….” (HR.Bukhari, dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib).

Jangan dibayangkan hewan yang mematikan hanyalan binatang buas seperti ular atau serigala, binatang kecil seperti nyamuk juga sangat mematikan. Apalagi virus corona, lebih kecil lagi dan tidak kasat mata.

Baca doa berikut setiap pagi dan sore atau petang sambil didekap, dipeluk atau sampil mengelus kepala anak-anak.

Bacaan doa agar selamat untuk anak perempuan

Dhomir atau kata ganti yang diperuntukkan bagi “kalian berdua” (Hasan dan Husain) diganti menjadi untukmu (perempuan)

أُعِيْذُكِ بِكَلِمَاتِ اللِه التَّامَّتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Uiidzuki bikalimatillaahit taammati min kulli syaithooniin wa haammatin wa minkulli ‘ainin laammatin.

“Aku memohonkan perlindungan untukmu (anak perempuanku) dengan kalimatullah yang sempurna dari godaan setan dan dari setiap binatang yang mematikan, dan dari segala penyakit ain yang ditimbulkan oleh mata jahat.”

Bacaan doa agar selamat untuk anak laki-laki

Dhomir atau kata ganti yang diperuntukkan bagi “kalian berdua” (Hasan dan Husain) diganti menjadi untukmu (laki-laki)

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللِه التَّامَّتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Uiidzuka bikalimatillaahit taammati min kulli syaithooniin wa haammatin wa minkulli ‘ainin laammatin.

“Aku memohonkan perlindungan untukmu (anak laki-lakiku) dengan kalimatullah yang sempurna dari godaan setan dan dari setiap binatang yang mematikan, dan dari segala penyakit ain yang ditimbulkan oleh mata jahat.”

Bacaan doa agar selamat untuk tiga anak atau lebih secara bersamaan

Dhomir atau kata ganti yang diperuntukkan bagi “kalian berdua” (Hasan dan Husain) diganti menjadi untuk kalian semua (laki-laki maupun perempuan)

أُعِيْذُكُمْ بِكَلِمَاتِ اللِه التَّامَّتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Uiidzukum bikalimatillaahit taammati min kulli syaithooniin wa haammatin wa minkulli ‘ainin laammatin.

“Aku memohonkan perlindungan untuk kalian semua (anak-anakku) dengan kalimatullah yang sempurna dari godaan setan dan dari setiap binatang yang mematikan, dan dari segala penyakit ain yang ditimbulkan oleh mata jahat.”

5. Doa kesehatan

Selanjutnya, agar badan kita selalu fit dan bisa kebal terhadap serangan virus atau penyakit, maka baca doa memohon kesehatan berikut setiap pagi dan sore atau petang:

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى

Allaahumma aafini fii badani, allahumma aafini fi sam’i allahumma aafini fi bashori.

Ya Allah, sehatkanlah badanku; Ya Allah, sehatkanlah pendengaranku; Ya Allah, sehatkanlah penglihatanku.

Disebutkan dari Abdurrahman bin Abi Bakrah, dia berkata; “Saya mendengar bapakku berdoa dengan doa ini; “Allahumma ‘afini fi badani….” setiap pagi dan petang. Kemudian dia berkata, wahai anakku, saya mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berdoa dengan doa ini dan saya senang untuk mengikuti kebiasan beliau.” (HR. Imam Thabrani )

Demikian doa memohon agar selamat dari bahaya dan usaha menjaga diri dari hal-hal yang mematikan semacam virus corona. Selain doa-doa selamat di atas, baca juga dzikir pagi dan petang sesuai sunnah yang terkumpul dalam alma’tsurat.

Semoga kita semua diselamatkan oleh Allah dari segala mara bahaya yang ditimbulkan dari setiap ciptaan-Nya yang mematikan, dan diwafatkan dalam keadaan khusnul khatimah, amin.