Menjadi orang yang pintar dan cerdas adalah dambaan hampir setiap orang. Bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengikuti program cara melatih otak untuk meningkatkan kecerdasan, dan kreativitas. Sebenarnya ada banyak cara melatih otak gratis dan sederhana yang dapat dipelajari agar otak Anda lebih smart.

Susunan sel saraf utama pada otak manusia disebut neuron. Dengan mempelajari cara-cara untuk meningkatkan sel saraf ini, kita akan membuka dinding penghalang di kepala agar bisa berkembang dan meningkatkan kekuatan otak kita.

cara melatih otak

Jadi intinya adalah, Kita dapat meningkatkan kekuatan otak dan kecerdasan melalui latihan tertentu. Anda mungkin bertanya-tanya; Dalam kesibukan kami, bagaimana saya dapat menemukan waktu untuk melakukan latihan? Jawabannya sederhana dan tidak sesulit yang dibayangkan.

Cara Melatih Otak untuk Meningkatkan Kecerdasan

Kali ini kami akan memperkenalkan 10 cara melatih otak dengan sederhana dan gratis yang akan meningkatkan kinerja otak Anda dan membuat Anda lebih pintar.

Pelatihan otak adalah pelatihan kognitif yang dapat melatih kekuatan otak. Dengan meningkatkan kekuatan otak, Anda akan menemukan bahwa IQ, fokus, dan keterampilan kreatif akan meningkat juga. Berikut cara melatih otak agar bisa setajam silet dan mampu berpikir kritis.

1. Belajar dan mengajarkannya

Sebelum seseorang mengajarkan sesuatu, dia harus memahami terlebih dahulu sesuatu yang diajarkan. Oleh karena itu, mengajar dapat meningkatkan pengetahuan seseorang. Semakin sering seseorang mengajarkan sesuatu kepada orang lain, dia akan semakin tahu banyak hal.

Jika Anda adalah seorang guru, Anda patut bersukur karena Anda dekat dengan ilmu. Jika anda pelajar atau orang yang ingin mempelajari sesuatu, cobalah seolah-olah Anda mengajar dan menerangkan di depan kelas saat membaca sebuah buku. Hal ini akan meningkatkan imajinasi dan membuat Anda lebih cepat dalam memahami sesuatu.

2. Belajar sambil menulis

Salah satu metode sederhana untuk belajar dan meningkatkan kecerdasan adalah menulis. Dengan menulis, kita memaksakan diri untuk membuat sebuah ide dan konsep, kemudian merangkai tulisan tentang konsep tersebut.

Imam Syafi’i, salah satu dari empat imam madzhab mengatakan; “Ilmu ibarat binatang buruan dan tulisan adalah ikatannya, ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang, setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja”.

Mulailah menulis di beranda facebook Anda, temukan beberapa ide kemudian rangkai ke dalam sebuah tulisan sederhana. Atau tulis yang Anda dengar dari orang lain dengan sedikit modifikasi dan dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri. Coba tulis di dinding facebook Anda dan perhatikan feedback dari teman-teman Anda di kolom komentar.

3. Olahraga

Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran, tetapi juga akan meningkatkan kekuatan otak. Olahraga bisa meningkatkan kadar faktor neurotropik otak (BDNF) yang mendukung neurogenesis. Neurogenesis adalah proses kelahiran blok neuron baru di otak kita.

Jangan terlalu berfikir olahraga yang berat, cobalah olahraga dengan hal yang sederhana, cukup dengan merutinkan jalan pagi di rerumputan tanpa menggunakan alas kaki, atau bersepeda setiap hari. Kalau Anda punya banyak waktu luang, cobalah main ke gym untuk meningkatkan kebugaran.

Olahraga juga bisa menghilangkan kepenatan dari rutinitas dan pekerjaan harian. Dengan berolahraga, otak bisa fresh dan tubuh menjadi bugar. Lakukan 20 menit olahraga ringan setiap hari agar badan dan pikiran selalu fresh.

4. Mendengarkan Ceramah

Mendengarkan ceramah adalah salah satu solusi memahami sebuah persoalan tanpa harus membaca buku. Ini bisa dilakukan saat berolahraga, mengemudi, tiduran, atau sambil melakukan aktivitas lainnya.

Ada banyak sumber di YouTube untuk mendengarkan ceramah, pilih saja guru atau ustadz yang Anda sukai, lalu dengarkan sambil melakukan aktivitas lainnya.

5. Membaca dengan cerdas

Saat Anda tertarik dengan sebuah buku, tidak perlu membaca keseluruhan isi buku tersebut. Cobalah mulai membaca buku dengan lebih cepat dan cerdas.

Ada beberapa cara sederhana untuk membaca buku dengan cepat;

  • Lihat buku dengan sepintas terlebih dulu. Mulailah dengan halaman judul, bagian dalam sampul, daftar isi, lalu cover bagian belakang buku.
  • Lihat poin utama yang ditulis di buku. Buat sebuah pertanyaan “mengapa” dalam setiap bab, misalnya “Mengapa penulis membahas tentang hal ini?”.
  • Buatlah pertanyaan:
    – Apa yang dibahas di buku itu?
    – Kenapa anda membelinya?
    – Info apa yang anda dapat dari buku tersebut?

Tak perlu membaca penjabaran keseluruhan buku, yang biasanya isinya kebanyakan bertele-tele. Langsung saja fokus pada intinya.

6. Sesekali cobalah berjalan mundur

Bukan berjalan mundur dalam arti yang sebenarnya, tapi cobalah sesekali berfikir mundur ke belakang. Abaikan orang yang selalu bilang “Mari kita berfikir ke depan agar lebih maju, jangan lihat ke belakang”.

Mundur bukan berarti kalah dan menyerah. Maurice Ashley, Grandmaster Catur, membahas pentingnya analisis melangkah mundur atau alasan untuk mundur.

Mari kita lihat alasan melangkah mundur;

Coba baca kalimat berikut : Setelah membaca kalimat ini, Anda akan menyadari bahwa otak tidak menangkap kata ‘ini’ dua kali.”

Sekarang baca kalimatnya lagi. Apakah Anda memperhatikan bahwa Anda melewatkan kata ‘ini’ yang tersembunyi?

Coba baca kalimat berikut (ini) : Setelah membaca kalimat (ini), Anda akan menyadari bahwa otak tidak menangkap kata ‘ini’ dua kali.

Pikiran kita sangat logis dan maju ke depan, jadi kita tidak melihat dua kata ‘ini’, Namun, jika kita membaca kalimat itu kembali, kita akan menemukannya.

“Apa yang tidak lazim biasanya merupakan petunjuk daripada permasalahan. Dalam memecahkan masalah semacam ini, hal yang perlu dilakukan adalah mampu bernalar mundur”. – Sherlock Homes –

7. Menyederhanakan perhitungan

Mari kita lihat cara mudah menyelesaikan soal matematika dengan cepat yang tidak diajarkan di sekolah;

Cara mudah mengalikan angka dua digit dengan sebelas:

  • 32 x 11
  • Cukup tambahkan dua digit pertama: 3 + 2 = 5
  • Tempatkan 5 antara 3 dan 2 dan Anda memiliki jawaban Anda: 352
  • 32 x 11 = 352

Cara mudah menambahkan dua digit angka:

  • 84 + 57
  • Tambahkan 84 + 50 = 134
  • Kemudian tambahkan 134 + 7 = 141
  • 84 + 57 = 141

Cara mudah mengurangi tiga digit angka:

  • 645 – 372
  • Ambil 645 – 400 = 245
  • Kemudian tambahkan 28 (atau 20 kemudian tambahkan 8) yang didapat dari 400 – 372 = 28
  • 245 + 20 = 265 + 8 = 273

645 – 372 = 273

8. Think (berfikir) – Try (mencoba) – Learn (belajar)

Gunakan metode Think – Try – Learn untuk menyelesaikan sebuah masalah.

  • Berfikir: Berteori, Memprediksi, Merencanakan.
  • Mencoba: Uji, Amati, Rekam, Mainkan.
  • Pelajari: Analisis, Definisikan Makna, Ubah, Kembangkan.

9. Menghafal

Menghafal merupakan cara yang paling ampuh untuk melatih kecerdasan otak, tapi justru banyak orang yang tidak suka menghafal. Bahkan ada orang-orang yang mencegah agar kita tidak terlalu dibebani dengan hafalan.

Kemampuan orang memang tidak sama, orang yang cerdas dan mampu justru harus diasah otaknya sejak kecil. Jika Anda orang islam, dan mampu menghafal Al-Qur’an, maka hafalkanlah setiap hari meski hanya satu ayat. Ini akan meningkatkan kemampuan otak Anda.

10. Belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa baru juga menjadi salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kecerdasan dan kapasitas kognitif Anda. Menguasai bahasa asing membuat Anda mampu berkomunikasi dan mengerti info yang datang dari setiap penjuru dunia.

Bagi Anda yang baru lulus, kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai tambah dan membuat Anda memiliki kemampuan lebih dibanding sesama lulusan yang tidak menguasai bahasa Asing, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih terbuka.

Jika Anda seorang pengusaha atau wiraswasta, kemampuan berbahasa asing akan mempermudah komunikasi dengan orang asing dan bisa untuk proses pengembangan pasar ke luar negeri.

Melatih otak sangatlah penting, kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan kecerdasan otak, IQ, kreativitas, dan berpikir kritis. Dengan menggunakan 10 pelatihan otak yang mudah ini, Anda akan meningkatkan rangkaian neuron dan membuka batasan dalam otak untuk meningkatkan kecerdasan Anda.