Rasulullah mengajarkan untuk mengawali segala sesuatu dengan membaca basmalah. Tidak hanya diucapkan, tulisan bismillah juga biasanya untuk mengawali sebuah surat atau karya tulis.

Para ulama’ terdahulu pasti mengawali dengan tulisan bismillah hirrohman nirohim pada setiap kitab yang dibuatnya. Kebiasaan itu diikuti oleh umat Islam hingga saat ini. Setiap mau menulis sesuatu pasti diawali dengan tulisan basmalah.

Tulisan Bismillah Arab

Sebagian dari kita, kebanyakan tahunya hanya penulisan bismillah latin saja, tidak tahu penulisan huruf arabnya. Lalu bagaimanakah tulisan arab bismillah yang benar? Biar tidak keliru, berikut ini adalah penulisan bismillah dalam bahasa arab yang benar:

  1. بِسْمِ اللهِ bismillah artinya dengan menyebut nama Allah
  2. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَن الرَّحِيم bismillahirohmanirohim artinya dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
  3. بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ bismillahi awwalahu wa akhirahu artinya dengan menyebut nama allah di awal dan di akhir.
  4. بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا bismillah majreha wa mursaha artinya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.
  5. بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ bismillahi tawakkaltu alallahi artinya dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya.

Berikut adalah gambar tulisan arab kaligrafi bismillah yang berwarna dengan berbagai khat arabic.

bismillah

Lafadz Bismillah dalam Alqur’an

Lafadz bismillah terdapat di setiap awal Surat dalam Al-Qur’an, kecuali Surat At-Taubah. Berikut lafadz bismilah yang terdapat dalam Al-Qur’an:

1. Pada awal Surat Alfatihah

Bismilahirrahmanirrahim merupakan Ayat pertama dari Surat Alfatihah yang berjumlah tujuh ayat, oleh karena itu Alfatihah disebut dengan As-Sabu’ul Matsani yang artinya tujuh hal yang sering diulang.

Pada Ayat-ayat lain dalam Al-Qur’an (Kecuali At Taubah) juga diawali dengan basmalah, namun tidak termasuk dalam ayat pertama. Basmalah hanya sebagai pembuka saja.

2. Pada kisah Nabi Sulaiman

Disebutkan dalam Surat An-Naml Ayat 30 saat Nabi Sulaiman mengirim surat kepada Ratu Bilqis:

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya surat itu dari SuIaiman dan sesungguhnya isinya: “bismillah hirrohman nirohim” (Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang).”

3. Pada kisah Nabi Nuh

Disebutkan dalam Surat Hud Ayat 41 saat Nabi Nuh menyuruh para pengikutnya naik kapal dan berdoa:

وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut “bismilahi majreha wa mursaha” (dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya). Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Anjuran Untuk memulai sesuatu dengan basmalah

Bismilah disebut juga dengan tasmiyah, Umat islam dianjurkan membacanya untuk mengawali setiap pekerjaan. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan untuk ibadah kepada Allah dan diharapkan mendapatkan keberkahan pada apa yang dikerjakan.

Para ahli fiqih sepakat bahwa membaca bismilah disyari’atkan untuk memulai setiap pekerjaan penting, entah untuk amalan ibadah atau lainnya. Berikut beberapa hal yang dianjurkan membaca basmalah sebelum memulainya:

  • Sebelum membaca Al-Qur’an.
  • Mengawali doa sebelum makan.
  • Ketika mau menyembelih hewan
  • Ketika mau menulis
  • Ketika naik perahu dan kendaraan.
  • Ketika masuk dan keluar rumah
  • Ketika masuk dan keluar masjid.
  • Ketika mau menyalakan dan memadamkan lampu.
  • Sebelum bersetubuh dengan istri / suami.
  • Ketika imam naik mimbar.
  • Ketika sebelum tidur.
  • Ketika menutup tempat minum.
  • Ketika mau memulai menulis.
  • Ketika menutupi mata mayit dan memasukkannya dalam liang lahat.
  • Ketika mau membaca doa (ruqyah) dan meletakkan tangan pada anggota tubuh yang sakit.

Lafadz bacaannya adalah “bismilah”, lengkapnya “bismillahirohmanirohim”. Dan saat keluar rumah ucapkan bismillaahi tawakkaltu. Tidak berdosa Jika lupa membaca basmalah atau memang sengaja tidak membacannya, namun jika dibaca akan mendapat pahala.

Alasan Memulai Tulisan dengan Bismilah

Para penulis buku biasa memulai tulisannya dengan tulisan bismilah karena beberapa alasan:

Mengikuti Kitab Suci Al-Qur’an

  • Merupakan kebiasaan para Nabi dan Rasul ‘alaihimus salam.
  • Mengikuti ulama terdahulu dan kebiasaan para salaf dalam menulis kitab
  • Mengharap berkah dan pahala jika memulai dengan menyebut nama Allah.

Sebagian ulama’ mengatakan bahwa maksud dari bismillah adalah “aku memulai dengan pertolongan, petunjuk, dan keberkahan dari Allah”. Ini adalah bentuk pendidikan dari Allah kepada hamba-Nya agar mengingat Allah ketika memulai aktivitasnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

“Setiap sesuatu perkara yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirohmanirohim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib)

Sebagian ulama menyatakan hadits tersebut hasan, ada juga yang menyatakanshahih. Yang mengatakan hadits tersebut hasan adalah Imam Nawawi dan Ibnu Hajar. Sedangkan Ibnu Daqiq Al-‘Ied dan Ibnul Mulaqqin menyatakan bahwa hadits tersebut shahih.

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz dalam kitabnya Majmu’ Fatawa menyatakan bahwa sebagian ulama menyatakan hadits ini dhaif. Yang lebih tepat menurut Syaikh bin Baz, hadits di atas dinilai hasan.

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid menyatakan bahwa secara makna, hadits tersebut bisa diamalkan, karena Allah Ta’ala memulai kitab suci Al-Qur’an dengan bismillah.

Arti Bismilah

arti dari bismilah adalah dengan menyebut nama Allah (Aku menulis atau aku makan, atau lainnya). Lengkapnya adalah bismillahirohmanirohim, artinya dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Keterangan detilnya sebagai berikut:

  • Arti dari lafaz jalalah Allah “اللهِ” adalah suatu nama yang khusus bagi Allah, yang artinya adalah “al-ma’luh” yaitu Dzat yang disembah dengan penuh kecintaan dan keagungan.
  • Artinya Arrohman “الرَّحْمَن” adalah salah satu nama Allah yang mempunyai arti Maha memberikan rahmat yang luas.
  • Artinya Arrohim “الرَّحِيم” adalah salah satu nama Allah yang mempunyai arti menyampaikan rahmat kepada siapa saja yang dikehendaki.

Demikian tulisan arab bismillah yang bisa dicopy untuk memudahkan Anda, daripada susah-susah mengetik sendiri. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Anda juga bisa membuat gambar tulisan arab kaligrafi bismillah terindah yang berwarna untuk dijadikan wallpaper atau ditempatkan di dinding rumah.