Ucapan barakallah fii umrik biasanya disampaikan saat ada orang islam yang ulang tahun. Meski sebagian orang islam tidak merayakan ulang tahun, setidaknya kita ingin mengirimkan tulisan barakallah fii umrik melalui pesan text atau messenger.

Dalam bahasa arab, ulang tahun disebut yaumul milad. Untuk itu ucapannya juga menggunakan tulisan arab barakallah fii umrik. Jangan lupa, sebelum mengirim doa ulang tahun kepada teman, awali dulu dengan bismillah dan assalamualaikum.

Arti Barakallah fii Umrik

Barakallah fii umrik ( arab: بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِك ) adalah ucapan untuk mendokan seorang muslim pada saat ulang tahun (yaumul milad). Arti dari barakallah fii umrik adalah “semoga Allah memberkahi umurmu”.

kata barakallah fii umrika dengan huruf kaf difathah (كَ) artinya ucapan tersebut diperuntukkan untuk teman laki-laki. Sedangkan barakallah fii umriki dengan huruf kaf dikasroh (كِ) artinya ucapan tersebut diperuntukkan untuk teman perempuan. Biasanya juga beri tambahan dengan ya akhi untuk laki-laki dan ya ukhti untuk perempuan.

Barakallah fii Umrik tulisan Arab

barakallah fii umrik

Bagaimana penulisan barakallahu fii umrik arabi yang benar? Daripada capek ngetik menggunakan keyboard arabic, copy paste saja tulisan arab ucapan ulang tahun islami ini. Berikut sepuluh macam tulisan arab barakallah fii umrik yang benar dan artinya:

  1. َبَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكَ baarakallah fii umrika artinya semoga Allah memberkahi umurmu (untuk laki-laki)
  2. بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي عُمْرِكِ baarakallah fii umriki artinya semoga Allah memberkahi umurmu (untuk perempuan)
  3. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكُم baarakallah fii umrikum artinya semoga Allah memberkahi umur kalian semua
  4. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكُمْ وَحَفِظَكُم baarakallah fii umrikum wa hafidzakum artinya semoga Allah memberkahi umur dan menjaga diri kalian semua.
  5. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكَ يَااَخِي baarakallah fii umrik ya akhi artinya semoga Allah memberkahi umurmu ya bro.
  6. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكِ يَااُخْتِي baarakallah fii umrik ya ukhti artinya semoga Allah memberkahi umurmu ya sis.
  7. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِك وَحَيَاتِك baarakallah fii umrik wa hayatik artinya semoga Allah memberkahi umur dan hidupmu.
  8. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِك وَعَمَلِك baarakallah fii umrik wa amalik artinya semoga Allah memberkahi umur dan amal perbuatanmu.
  9. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكِ يَا اُمِّي barakallah fii umrik ya ummi artinya semoga Allah memberkahi umur ibu.
  10. بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكَ يَا اَبِي barakallah fii umrik ya abi artinya semoga Allah memberkahi umur ayah.

Jawaban Barakallah fii Umrik

Bagaimana cara menjawab seseorang yang mengucapkan barakallah fii umrik? ada tiga cara menjawab ucapan doa ulang tahun isami saat yaumul milad tersebut, antara lain adalah:

  1. Wa fiika barakallah ( arab: وَفِيكَ بَارَكَ اللهُ ) ini adalah jawaban apabila yang mendoakan laki-laki.
  2. Wa fiiki barakallah ( arab: وَفِيكِ بَارَكَ اللهُ ) ini adalah jawaban apabila yang mendoakan perempuan.
  3. Wa fiikum barakallah ( arab: وَفِيكُمْ بَارَكَ اللهُ ) ini adalah jawaban apabila yang mendoakan ada banyak orang.

Di dalam bahasa arab, kata ganti untuk dia, kamu dan mereka disebut dengan dhamir. Dhamir untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Huruf kaf difathah ( كَ ) untuk kata ganti “kamu laki-laki”, huruf kaf dikasrah ( كِ ) untuk “kamu perempuan” dan “kum” ( كُمْ ) adalah kata ganti untuk “kalian semua”.

Sebelum mengirim tulisan wa fiika barakallah arab, sebaiknya jawab dulu salam dari teman dengan waalaikumsalam.

Hukum Mengucapkan Barakallah fii Umrik

Ustadz Abdul Shomad menjelaskan bahwa mendoakan orang yang ulang tahun dengan ucapan barakallah fii umrik hukumnya mubah, yang artinya boleh boleh saja. Mendoakan orang yang ulang tahun berbeda dengan merayakan pesta ulang tahun. Yang tidak boleh adalah mengadakan perayaan ulang tahun.

Cara Rasulullah Mengingat Hari Kelahiran

Jangan dikira Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak mengingat hari kelahirannya. Beliau mengingatnya dengan selalu bersyukur dan muhasabah, tapi tidak merayakannya.

Imam Muslim meriwayatkan (no. 1162) dari Abu Qatadah Al-Anshari radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah di tanya tentang puasa pada hari Senin, kemudian beliau bersabda:

فِيهِ وُلِدْتُ وَفِيهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ

“Pada hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu diturunkan kepada (Al-Quran).”

Imam Tirmizi menyatakan itu hadits hasan.

Abu Hurairah radhiallahu anhu juga meriwayatkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الْأَعْمَالُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Amal perbuatan dilaporkan pada setiap Senen dan Kami, aku senang ketika amalku dilaporkan aku dalam keadaan berpuasa.”

Dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Tirmizi.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam berpuasa pada hari Senin untuk bersyukur atas nikmat kelahirannya pada hari itu, beliau juga berpuasa pada senin karena itu hari yang utama.

Allah menurunkan wahyu kepada beliau pada hari itu, dan pada hari itu amal manusia dilaporkan kepada Allah. Maka Nabi ingin agar ketika amalnya diangkat, beliau dalam keadaan berpuasa. Maka hari kelahirannya merupakan salah satu dari sekian banyak sebab mengapa beliau berpuasa pada hari itu.

Demikian tulisan barakallah fii umrik arab dan artinya, lengkap dengan cara menjawabnya. Silahkan dicopy paste untuk memudahkan dalam penulisan. Gak perlu repot-repot ngetik pakai keyboard in arabic.