Khasiat ayat kursi tidak perlu diragukan lagi, salah satu keutamaan dalam menghaafal ayat kursi dan membacanya adalah mendapat perlindungan dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Nabi Muhammad biasa membaca bacaan ayat kursi dalam dzikir dan doa setelah sholat.

Nabi muhammad juga membaca ayat yang agung dalam Al Qur’an ini sebagai tambahan dalam doa sebelum tidur. Hal ini agar kita selalu mendapat penjagaan dari Allah meskipun dalam keadaan tidur.

Bacalah ayat ini sebagai doa ruqyah pribadi di waktu pagi dan sore hari agar kita selalu mendapat perlindungan dari Allah. Terutama perlindungan dari segala marabahaya yang ditimbulkan oleh jin dan makhluq halus.

Bacaan Ayat Kursi

ayat kursi latin bahasa indonesia arab dan artinya

Ayat yang agung ini terdapat dalam surat Al Baqarah ayat ke 255. Makhluk halus akan takut jika mendengar lantunan ayat yang agung ini. Berikut bacaan Ayat Kursi Latin, Bahasa Indonesia, Arab, lengkap beserta Artinya:

Ayat Kursi Arab

،اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Ayat kursi latin

“Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Terjemahan Ayat Kursi Bahasa Indonesia

Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui semua yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al Baqarah: 255)

3 Waktu Utama Membaca Ayat Kursi

Kapan waktu yang utama untuk membaca ayat kursi? ada beberapa waktu utama yang dianjurkan Rasulullah untuk membaca ayat kursi. Supaya kita mendapat perlindungan yang maksimal dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala, bacalah atau hafalkanlah ayat kursi pada tiga waktu utama berikut ini:

1. Ketika pagi dan petang

Tentang orang yang membaca atau menghafal ayat kursi di pagi dan sore hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, dari Ubay bin Ka’ab:

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

“Siapa yang membacanya ketika sore, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga sore.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

Allah akan melindungi siapa saja yang membaca ayat kursi. Dilindungi dari gangguan apapun, termasuk dari gangguan mahluk halus.

2. Setelah shalat lima waktu

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Barang siapa yang membaca ayat Kursi pada setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai)

Maksutnya adalah tidak ada yang menghalangi seseorang masuk surga setelah kematian.

3. Sebelum tidur

Diriwayatkan dalam sebuah hadist panjang bahwa Shahabat Abu Hurairah pernah mendapat pengajaran ilmu dari setan.

Beliau pernah diajarkan dan diberitahu manfaat membaca ayat kursi. Setan mengatakan salah satu keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur adalah Allah akan menjaga pembacanya dari godaan setan dan mahluk halus hingga pagi hari.

Kisah tersebut diriwayatkan secara panjang dan lengkap dalam sebuah hadist di Shahih Bukhari.

kaligrafi Ayat Kursi

Berikut kumpulan kaligrafi ayat kursi yang bisa anda gunakan untuk wallpaper hp atau bisa Anda cetak untuk ditempel di dinding rumah.

ayat kursi arab

1. Karya Wahidd.com

gambar ayat kursi

2. Karya Dawntravels.com

gambar kaligrafi ayat kursi

3. Dari Tumblr

kaligrafi ayat kursi

4. Karya Baraja19.Deviantart.com

kaligrafi ayat kursi hd

5. Karya Siraj Islamic Lifestyle Store

kaligrafi ayat kursi minimalis

6. Diunggah oleh Abdullah Bulum di Pinterest

kaligrafi ayat kursi png

7. Dijual di Lamasset-art

kaligrafi ayat kursi ukuran besar

Rahasia khasiat ayat kursi

Menurut Qatadah, seorang ulama’ terkenal, di antara rahasia kenapa khasiat ayat kursi begitu dahsyat adalah karena dalam ayat ini terdapat lima nama (asma’) Allah Sang Khaliq yang agung yaitu Allah, al-Hayy, al-Qayyum, al-‘Aliyy, al-Adhim.

Suara Bacaan Ayat Kursi

Berikut suara bacaan ayat kursi yang sangat merdu dari Muzammil Hasballah yang bisa menyentuh hati:

Demikian ulasan tentang bacaan ayat kursi yang mempunyai keutamaan dan khasiat luar biasa bagi umat muslim. Untuk itu usahakan senantiasa membaca ayat kursi pada doa setelah shalat, di pagi dan malam hari, serta sebelum tidur, agar kita selalu dalam perlindungan maksimal Allah Subhanahu wa Ta’ala.