Rasulullah menganjurkan umatnya untuk saling sapa dan salam, karena saling sapa dan salam akan merekatkan persaudaraan sesama muslim. Saat menulis surat atau memulai percakapan melalui aplikasi messengerpun juga dianjurkan untuk mengawali dengan tulisan assalamualaikum.

Disamping sebagai pembuka percakapan, salam juga akan menghangatkan suasana. Banyak yang menuliskan dengan tulisan assalamualaikum wr wb, tapi sebaiknya kita menuliskan secara lengkap assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sebelum mengawali dengan penulisan salam yang benar, jangan lupa untuk membaca bismillah agar lebih berkah dan dimudahkan oleh Allah dalam setiap urusan.

Tulisan Assalamualaikum Arab

Sebagian orang kebanyakan hanya tahu tulisan assalamu’alaikum latin saja, tidak tahu penulisan huruf arabnya. Atau tahu tulisan arabnya, hanya saja kurang yakin benar atau salah, atau bisa jadi malah males mengetik arabic.

Lalu bagaimanakah tulisan arab assalamualaikum yang benar? Biar tidak keliru, berikut ini adalah penulisan assalamualaikum dalam bahasa arab yang benar:

  1. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ Assalamualaikum artinya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan kepadamu
  2. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ Assalamualaikum Warahmatullah artinya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat kepadamu
  3. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu.
  4. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ صَبَاح الْخَيْر Assalamualaikum Shobahul Khoir artinya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan kepadamu, selamat pagi.
  5. السَّلَامُ عَلَى مَن اِتَّبَعَ الْهُدَى Assalamu ala Manit Tabaal Huda artinya semoga keselamatan dilimpahkan kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk.
  6. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ Assalamualaikum Ahlad Diyaar artinya adalah salam untuk ahli kubur di pemakaman muslim.

Lafadz Assalamualaikum

assalamualaikum
© Diary Sang Guru

Ada beberapa pelafalan salam dalam islam, dan semuanya mempunyai fungsi masing-masing. Assalamualaikum artinya semoga keselamatan tercurahkan kepadamu. Kadang juga ada yang mengucapkan assalamualaikum selamat pagi. Berikut beberapa lafadz assalamu’alaikum yang harus Anda ketahui:

1. Salam untuk Nabi

Ada salam khusus untuk nabi, berikut adalah salam yang kita titipkan untuk Nabi Muhamad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

السَلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللهِ

Assalamualika ya Rasulallah

Artinya: Semoga kesejahteraan atas dirimu wahai Rasulullah

2. Salam untuk ahli kubur

Saat kita mengunjungi kuburan muslim, ucapkan salam untuk ahli kubur seperti berikut ini:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamualaikum ahlad diyari, minal mukminina wal muslimina,wa inna insya Allahu bikum laa hiqun, nas’alullaha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

3. Salam kepada sesama muslim

Salam bisa merekatkan ukhuwah sesama muslim, bahkan seluruh muslim di dunia ini salamnya hanya satu macam, yaitu:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu Alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Artinya: “Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu.”

4. Salam untuk non muslim

Orang islam tidak boleh mengucapkan assalamualikum kepada orang non muslim. Jika ingin mengucapkan salam kepada suatu perkumpulan yang di dalamnya ada orang muslim dan non muslimnya, ucapkanlah:

السَّلَامُ عَلَى مَن اِتَّبَعَ الْهُدَى

Assalamu ‘ala manit taba ‘a Al-Huda

Artinya: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk.”

Jawaban Assalamualaikum

Saat seseorang mengucapkan salam, kita wajib menjawabnya. Lalu bagaimana cara menjawab ucapan assalamualaikum yang benar?

Jawaban ketika ada yang mengucapkan assalamu alikum ada dua macam. Pertama jawaban ketika yang mengucapkan salam adalah sesama muslim, dan yang kedua jawaban untuk orang non muslim yang mengucapkan asalamu’alaikum.

1. Jawaban salam untuk sesama muslim

Sunnah mengucapkan salam saat bertemu seorang teman yang agamanya islam, dan hukum menjawab salam adalah wajib. Jawaban dari assalamualaikum adalah waalaikumsalam. Berikut adalah jawaban lengkap ketika ada teman muslim yang mengucapkan asalamualaikum:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

wa ‘alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh

Artinya: “Semoga Allah juga melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu.”

2. Jawaban salam untuk non muslim

Jika ada teman non muslim mengucapkan assalaamu’alaikum wa rohmatullaahi wa barokaatuh, jawab saja dengan

وَعَلَيْكُمُ

Wa alaikum

Yang artinya: Mudah-mudahan kamu…. (Serahkan urusannya sepenuhnya kepada Allah)

إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

“Jika seorang ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) memberi salam pada kalian, maka balaslah dengan ucapan ‘wa’alaikum’.” (HR. Bukhari, no. 6258 dan Muslim, no. 2163)

Menyempurnakan Salam

Di antara yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah beliau mengucapkan salam hingga akhir “ … wa barakaatuh”.

Dalam sunan An Nasai disebutkan, ada seseorang mendatangi beliau dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum.” Kemudian Nabi Muhammad menjawab salam orang tersebut dan bersabda, “Engkau mendapat pahala 10 kebaikan.” Lalu orang tadi pun duduk.

Selang beberapa saat, datang orang lain dan mengucapkan “Assalamu’alaikum wa rahmatullah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian membalas salam orang tersebut dan bersabda, “Engkau mendapat pahala 20 kebaikan.” Kemudian ia pun duduk.

Tak lama kemudian, ada orang lain datang lagi dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab salamnya dan bersabda, “Engkau mendapat pahala 30 kebaikan.”

Hadits ini diriwayatkan oleh An Nasai dan Tirmidzi dari hadits ‘Imran bin Hushain, dan beliau menghasankannya (Zaadul Ma’ad, 2: 361). Hadits tersebut menunjukkan bahwa lebih sempurna dalam mengucapkan salam, maka pahalanya lebih banyak.

Demikian tulisan assalamualaikum arab yang benar, Anda bisa mengcopynya agar tidak perlu capek ngetik pakai keyboard arabic. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.