Kalimat Alhamdulillah biasanya diungkapan seorang muslim untuk memuji Allah sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat dan karunia yang diperoleh. Terutama nikmat yang paling besar, yaitu nikmat Iman dan Islam.

Kalimat pujian ini biasanya juga sebagai kalimat pembuka sebuah ceramah atau pidato. Setelah membuka dengan Bismillah dan Assalamualaikum, seorang penceramah pasti mengawali dengan kalimat Alhamdulilah dalam muqaddimah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

Alhamdulillah Arab dan Artinya

alhamdulillah arabic
© etsy.com

Bukan hanya sebagai kalimat pembuka dalam ceramah, Alhamdulilah juga biasanya digunakan untuk muqaddimah dalam karya tulis. Selain itu, saat seseorang ditanya tentang kabar melalui aplikasi messenger, jawabanya juga alhamdulilah.

Sayangnya sebagian dari kita kebanyakan tahunya hanya penulisan alhamdulilah latin saja, tidak tahu penulisan huruf arabnya. Atau tahu tapi repot kalau harus ngetik alhamdulillah arabic, kepenginnya tinggal copy paste saja.

Tulisan alhamdulillah arab

Bagaimanakah tulisan arab alhamdulillah yang benar? Biar tidak keliru, dan tinggal copy paste, berikut ini adalah penulisan alhamdulillah dalam bahasa arab yang benar:

  1. الحَمْدُ للهِ Alhamdulillah artinya segala puji bagi Allah.
  2. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ Alhamdulillah Hirobbil Alamin artinya segala puji bagi Allah Rabb semesta alam.
  3. الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ Alhamdulillah Ala Kulli Hal artinya segala puji bagi Allah atas setiap keadaan.
  4. الْحَمْدُ لله وَ شُكْرُ لله Alhamdulillah wa Syukurillah artinya segala puji bagi Allah dan syukur kepada Allah.
  5. الْحَمْدُ لِلَّهِ يَا الله Alhamdulillah ya Allah artinya segala puji bagiMu ya Allah.
  6. الحَمْدُ للهِ بارك الله Alhamdulillah Barakallah artinya segala puji bagi Allah, Mudah mudahan Allah memberkahimu.

Arti Alhamdulillah

Alhamdulillah adalah kalimat thayyibah yang berarti “segala puji bagi Allah”. Kalimat ini diungkapkan oleh orang islam untuk memuji Allah sebagai bentuk rasa syukur atas karunia yang telah diperoleh. Kalimat alhamdulilah juga disebut dengan tahmid, yang artinya pujian. Kalimat lengkapnya adalah alhamdulilah hirobil alamin.

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Alhamdulillah Ala Kulli Hal artinya adalah segala puji bagi Allah atas semua keadaan yang dialami. Ungkapan ini biasanya diucapkan oleh seorang muslim jika mendapatkan hal-hal yang kurang enak di hati. Dalam bahasa inggris diungkapkan dengan Alhamdulillah for Everything.

Aisyah radhiyallahu ‘anha menceritakan dalam sebuah hadits, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika mendapatkan sesuatu yang dia sukai, beliau mengucapkan,

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

‘(Alhamdulilahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat) Segala puji bagi Allah yang dengan nikmatnya, segala kebaikan menjadi sempurna.’

Dan ketika beliau mendapatkan sesuatu yang tidak disukai, Nabi mengucapkan,

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

‘(Alhamdulilah ala kulli hal) Segala puji bagi Allah atas segala keadaan’.” (HR. Ibnu Majah)

Arti Alhamdulillah wa Syukurillah

Alhamdulillah wa syukurillah artinya adalah segala puji bagi Allah dan syukur kepada Allah. Ungkapan ini biasanya diungkapkan oleh orang muslim jika mendapatkan apa yang diidam-idamkan. Tulisan yang benar adalah alhamdulillah wa syukrulillah.

Sebagai bentuk syukur yang luar biasa, orang yang mendapatkan apa yang diharapkan menggandengkan kalimat tahmid dan syukur, kadang juga mengucapkan “Alhamdulilah ya Allah, terimakasih atas nikmat yang Kau berikan.”

Kenapa harus bersyukur?

Kita telah mendapatkan nikmat yang banyak dari Allah Setiap saat. Tapi kebanyakan orang merasa terus dalam kekurangan. Merasa masih sedikit nikmat yang diberi oleh Allah Subhaanahu wa Ta’ala.

Kesehatan yang diberikan oleh Allah sebenarnya sangat patut untuk disyukuri. Allah memberi nikmat panjang umur, yang tak akan sanggup kita membayarnya. Kita masih bisa menghirup oksigen tanpa bayar sepeserpun.

Namun memang demikianlah manusia, hanya menggap nikmat hanyalah harta, hanya harta yang dianggap sebagai rizki. Padahal kesehatan, umur panjang, semua adalah nikmat dari Allah yang luar biasa. Terlebih nikman Islam dan Iman yang masih melekat dalam diri ini.

Saat impian belum terwujud, kita rajin beribadah dan selalu memohon, terus bersabar menantinya. Namun saat impian sudah tercapai, kadang kita malah lupa daratan dan melupakan Allah Ta’ala yang telah memberikan berbagai kenikmatan.

Sebagai orang Muslim sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah. Banyak dalil-dalil Al Qur’an yang menunjukkan keutamaan orang-orang yang bersyukur. berikut 5 alasan kenapa kita harus bersyukur kepada Allah:

1. Syukur adalah sifat orang beriman

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ؛ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Seorang mukmin itu sungguh sangat menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi yang seperti itu kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya” (HR. Muslim no.7692).

2. Mendapatkan Ridha dari Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat Az-Zumar:

إِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۖ وَلَا يَرْضَىٰ لِعِبَادِهِ الْكُفْرَ ۖ وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ

“Jika kalian ingkar, sesungguhnya Allah Maha Kaya atas kalian. Dan Allah tidak ridha kepada hamba-Nya yang ingkar dan jika kalian bersyukur Allah ridha kepada kalian” (QS. Az-Zumar: 7).

3. Selamat dari azab Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat An Nisa’:

مَا يَفْعَلُ اللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَآمَنْتُمْ ۚ وَكَانَ اللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا

“Tidaklah Allah akan mengadzab kalian jika kalian bersyukur dan beriman. Dan sungguh Allah itu Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui” (QS. An-Nisa: 147).

4. Nikmat akan semakin bertambah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat Ibrahim:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’” (QS. Ibrahim: 7).

5. Mendapatkan Pahala di dunia dan akhirat

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat Ali Imran pada akhir ayat 145:

وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

“Dan kami akan memberi pahala kepada orang-orang yang bersyukur” (QS. Ali Imran: 145)

Demikian tulisan alhamdulillah arab yang benar, silahkan copy paste agar tidak perlu menulisnya menggunakan keyboard arabic. Mudah-mudahan bermanfaat, dan jangan lupa untuk bersyukur, Alhamdulilah for Everything.